“BULAN”Akan Kelihatan Indah Pada Waktunya

Oke Brader’ sedikit berbagi cerita, sepulang dari kantor sambil berjalan di langit ada cahaya yang indah dan terang, biasanya orang menyebutnya BULAN.” Begitu cantik nan indah. Namun adakah yang sudah mengetahui kenapa ada Bulan, Tentunya  Brader  tidak asing lagi mendengar kata Bulan, karena Bulan memang sudah menjadi suatu yang biasa kita jumpa dalam kehidupan kita semenjak kecil, dari usia 3 Tahun kita sudah dikenalkan oleh orang tua bahwa pada saat malam hari klo ada benda terbang di udara dan bercahaya itu adalah bulan, namun akankah kita sudah memikirkan darimana asalnya bulan.

Oke Brader, coba mulai kita kupas yang paling mendasar terlebih dahulu, apa sih sebenarnya Bulan.? Ilmuwan berteori, Bulan terbentuk akibat bergabungnya serpihan-serpihan pecahan Bumi yang ketika itu masih muda bertabrakan dengan benda langit berukuran sebesar planet Mars.

Adapun benda langit yang menghantam Bumi disebut sebagai Theia.

Menurut teori Giant Impact, Theia terbentuk bersama dengan planet-planet lainnya di tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Ia mengintari Matahari dalam orbit yang kurang lebih sama dengan Bumi sekitar 60 derajat di depan atau di belakang Bumi.

Stabilitasnya dalam mengitari Bumi kemudian terganggu karena Theia kemudian tumbuh melampaui batas maksimal 10 persen massa planet Bumi.

Akibatnya, gaya gravitasi membuat Theia meninggalkan posisi orbitnya dan mendekati Bumi lalu saling bertabrakan.

Menurut para astronom, tabrakan antara Bumi dan Theia terjadi sekitar 4,53 miliar tahun lalu, atau sekitar 30 sampai 50 juta tahun setelah terbentuknya sistem tata surya.

Oke Brader, sedikit usalan mengenai awal mula adanya Bulan, Nah, Pastinya akan tumbul pertanyaan juga, kenapa bulan selalu setia mengikuti Bumi?

Nah ini teorinya Brader, Semua benda di alam semesta memiliki daya tarik-menarik. Daya tarik-menarik itu disebut gravitasi. Daya gravitasi juga ada di antara bumi dan bulan.

Tapi karena daya gravitasi bumi lebih besar, bulan mengelilingi bumi. Nah Brader ternyata Bulan juga tidak memiliki cahaya sendiri melainkan cahaya bulan yang memancar di malam hari adalah sinar matahari yang dipantulkan oleh permukaan bulan.

Bulan juga di sebut sebagai satelit bumi, Sebagai satelit bumi, bulan melakukan tiga gerakan sekaligus, yaitu berevolusi terhadap Bumi, berotasi dan bersama sama mengelilingi Matahari, Revolusi Bulan Terhadap Bumi Revolusi bulan terhadap bumi adalah Gerakan bulan mengelilingi Bumi, Akibat gerakan bulan ini adalah perubahan penampakan bulan, Penampakan Bulan juga dapat di sebut Fase Bulan .

Fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah jika dilihat dari bumi. fase-fase bulan terjadi akibat revolusi bulan mengelilingi bumi menyebabkan sudut antara matahari, bumi, dan bulan selalu berubah.

Bulan tidak memantulkan Cahayanya sendiri, Wajah bulan yang tampak terang adalah bagian permukaan bulan yang menghadap ke matahari dan memantulkan cahaya matahari.

Jadi, di bulan juga ada bagian siang dan bagian malam, Batas
antara bagian itu tampak dari bumi, tetapi karena letak bulan selalu berubah, maka batas itu juga berubah dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menyebabkan adanya bulan sabit, bulan separo, bulan besar, bulan purnama, dan bulan mati.

Ternyata Bulan sangat bepengaruh sekali dengan Kalender Hijriyah Lo Brader)))))

Kalender hijriyah adalah kalender bulan komariyah karena perhitungan umur bulan dan tahun pada kalender ini berdasarkan pada peredaran bulan. Satu bulan komariyah dihitung setelah terjadi fase bulan mati sampai fase bulan mati berikutnya yang lamanya rata-rata 29,5 hari. Oleh karena itu, ada bulan yang berumur 29 hari dan ada pula yang berumur 30 hari. Bulan mati terjadi pada saat bulan berada di arah matahari.


Dalam setahun, bulan mengelilingi matahari sebanyak 1 kali dan mengelilingi bumi sebanyak 12kali. Oleh karena itu, dalam setahun ada 12 bulan.

Oke Brader,” Cukup dulu Infonya, Semoga Bermanfaat.!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s