Konfigurasi Infra Struktur ( Backbone ) Komunikasi Salular

Satellite And Mobile Comunication

Kali ini sekedar mengupas ilmu bagaimana system kerja salular yang kita sering gunakan setiap saat, secara garis besar di dalam selular terdapat berbagai system. 

 

untuk lebih mudahnya bisa kita lihat gambar prinsip kerja jaringan seluler di atas. secera kasat mata kelihatan simple kan ? tapi tahukah anda bahwa data (baik audio,video dan text) yang kita kirim dan terima dari dan ke ponsel kita, data tersebut mengalami perjalanan dan proses yang rumit.

Secara garis besar system komunikasi terdapat beberapa komponen pendukung, untuk proses pengiriman sinyal. Adapaun komponen tersebut meliputi :

  1. BTS ( Base Transceiver Station )
  2. BSC ( Base Stations Controler )
  3. MSC (Mobile Switching Center), sebagai switching system

Base Transceiver Station (BTS)

BTS berfungsi sebagai interkoneksi antara infra struktur sistem selular dengan Out Station.BTS harus selalu memonitor Out Station yang masuk ataupun yang keluar dari sel BTS tersebut. Luas jangkauan dari BTS sangat dipengaruhi oleh lingkungan, antara lain topografi dan gedung tinggi.BTS sanga berperan dalam menjaga kualitas GSM, terutamaa dalam hal frekwensi hoping dan antena diversity.

Base Station Controller (BSC)

Pada umumnya setiap BSS terdiri atas beberapa Base Transceiver Station, dengan masing-masing BTS mempunyai area yang berbeda.Namun demikian selalu ada area yang over lapping, sehingga kontinuitas komunikasi Out Station dengan infrastruktur selular tetap terjaga.

BSC sangat diperlukan untuk mengaur perpindahan Out Station dari satu BTS ke BTS lainnya.Perpindahan area ditentukan dari beda kekuatan sinyal antara 2 (dua) BTS Oper Lapping.Fungsi BSC :

  • Interfacing antara BSC-MSC, BSC-BTS dan BSC-OMC
  • Alokasi kanal BSC-BTS
  • Indikasi channel blocking antara BSC-MSC
  • Pengaturan frekwensi hoping
  • Pengaturan konfigurasi kanal
  • Pengaturan enkripsi
  • Proses Handover
  • Pengaturan broadcasting channel

DEFINISI

Sinyal sistem komunikasi yang digunakan untuk memberikan layanan jasa telekomunikasi bagi pelanggan bergerak dapat disebut CELL


Pada komunikasi seluler, istilah handoff atau  merupakan proses transfer suatu data session dari suatu kanal yang terhubung dalam satu inti jaringan ke kanal lain. Pada komunikasi satelit, istilah tersebut diartikan pengalihan tanggung jawab kontrol satelit dari satu stasiun bumi ke stasiun yg lain tanpa kesalahan (loss) atau interupsi layanan. Istilah British English untuk panggilan seluler adalah handover, yang terminologinya berstandar 3GPP yang berasal dari teknologi Eropa seperti GSM dan UMTS.

Prinsip  kerjanya adalah sebagai berikut :

Ketika telepon (user) berpindah dari suatu area yang dilungkupi oleh suatu sel dan memasuki kawasan yang dilingkupi oleh sel yang lain pula, maka panggilan tersebut dipindahkan ke sel kedua untuk mencegah terjadinya kegagalan panggilan (call termination) ketika user berpindah ke lokasi yang tidak dilingkupi oleh sel yang pertama tadi.


Ketika kapasitas untuk koneksi panggilan baru dari sel yang ada telah digunakan, dan baik panggilan baru maupun yang sedang berlangsung (existing) yang bertempat di area yang juga dilingkupi oleh sel lain (
overlap
), maka panggilan tersebut ditransfer ke sel kedua dengan tujuan membebaskan beberapa kapasitas pada sel pertama untuk pengguna lain yang dapat dihubungkan ke sel 



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s