Hisablah dirimu sebelum di Hisab

Fase kehidupan manusia terdiri dari beberapa tingkatan.

Yang pertama Fase Alam Ruh, Alam Dunia, Alam Kubur. Dari beberapa fase tersebut ada 1 fase dimana manuasia harus mempertanggungjawabkan segala perbuatanya, fase tersebut ialah fase di alam dunia, baik buruknya tempat tinggal di alam kubur di tentukan oleh sikap dan tingkah laku orang tersebut ketika ia berada di alam dunia.

Sebaik – baiknya manusia adalah yang sering mengingat mati dan menyiapkan bekal setelah itu. Kewajiban manusia di dunia adalah menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan_Nya. Salah satu perintah Allah adalah sholat lima waktu, baik ketika lapang maupun sempit, hal tersebut harus wajib dilakukan.

“Hisablah dirimu sebelum di Hisab”

Memperhatikan cuplikan diatas marilah kita merenung sejenak hal baik apa yang telah kita lakukan hari ini.?????

Tentunya hal perenungan ini tidaklah main – main, sholat yang diwajibkan Allah adalah lima waktu, namun bagaimana dengan sholat – sholat sunnahnya, yang tentunya bila kita kerjakan akan menambah hal kebaikan kita.

Pada kesempatan ini penulis mencoba berbagi tips akan bagaimana menggunakan waktu sholat dengan sebaik mungkin, perhatikan gambar di atas, bagaimana ada sebuah uraian beserta keterangan yang saat ini penulis terapkan.

Coba simak baik – baik, kemungkinan kita akan terpacu, dan dari situ kita dapat memonitoring bagimana sholat kita hari ini dengan yang kemarin dengan cara menjumlah di bagian akhir kolom dan setelah akhir bulan dapat di buat grafik dengan nilai jumlah total pada setiap harinya.

Bukankan ada sebuah muhasabah yang bijak

“Bila hari ini kita lebih baik dari hari kemarin, maka kita termasuk orang yang beruntung, dan kalo hari ini sama saja dengan hari kemarin, maka kita termasuk orang yang rugi, dan kita dapat di kageorikan sebagai orang yang celaka, jika hari ini lebih buruk dari hari kemarin.”

Semoga dengan sedikit ulasan kata ini, dapat menjadi muhasabah kita bersama, dapat menjalankan perintah_NYA dengan baik, dan menjadi golongan orang yang beeruntung.

“Salam hangat untuk Sahabatku Fillah”

Nb” Mohon koreksian penulisan, bila ada kata yang kurang baik dan benar.

Posted 14 Januari 2013

ekoprasetyo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s