Marilah kita makmurkan rumah Allah

Pada awal tulisan ini, penulis mngajak sahabat fillah untuk bersama – sama memakmurkan rumah Allah yang berada di dunia dengan tidak bosan – bosan untuk selalu mengingatkan karena ini adalah sebuah Dakwah.

Cobalah kita tengok bagaimana perjuangan para mujahid yang berkorban waktu dan tenaga untuk mencari dana guna pembangunan rumah Allah, karena dalam sebuah hadist sudah dijelaskan barang siapa memakmurkan rumah Allah yang berada di dunia, maka Allah akan membangunkan rumah di surga.


Namun dapatkah kita memetik sebuah pelajaran dan tidaklah kita merasa senang karena di depan mata kita telah berdiri sebuah Masjid dengan megah, tinggal tugas kita adalah bagaimana cara memakmurkannya, bila terasa berat untuk melangkahkan kaki kita karena harus menginggalkan aktifitas kita, coba kita mulai paling tidak kita dapat kemasjid minimal 1 kali dalam sehari dan seakan – akan mewajibkan hal tersebut dan di hari berikutnya mulai kita tambah 2 kali dalam sehari kalo pas jam kantor, minimal Sholat Dzuhur & Sholat Ashar, dan semakin bertahab hingga Sholat 5 waktu di masjid dapat terpenuhi dengan berjamaah di masjid.

PR bersama untuk DKM ( Dewan Kemakmuran Masjid ) di seluruh nusantara, bahwasanya masjid dapat di katakana makmur, kalo dapat memenuhi 3 aspek.

  1. Fisik
  2. Ruh
  3. Akal/Ilmu

Coba kita ulas bersama tentang 3 Hal tersebut :

Fisik
adalah daya tarik yang utama untuk mendukung jamaah, semua orang pasti butuh kenyamanan, kalo kita menyediakan temat yang nyaman sudah tentu akan membuat jamaah semakin betah dan ingin untuk kemasjid. Namun dengan masjid yang menggah belum tentunya nyaman kalo tanpa perawatan yang maksimal, sempat ada beberapa jammah yang mengeluhkan kerusakan – kerusakan sarana dan prasana masjid, bahkan banyak yang menyidir bagaimana kinerja DKM saat ini, bukan kah ada dana perawatan.

Masalah – masalah interen memang dapat menjadi kendala, kefakuman pengurus hampir 1 Tahun, membuat kurangnya rasa tanggung jawab terhadap sesama.

Alhamdulillah,,,,,,,” pada awal Tahun 2013 pengurus masjid Al Fatah UNISMA telah terbentuk dan uang pemasukan kotak amal sholat jum’at dapat terkoordinir dan
sedikit – demi sedikit kebutuhan masjid telah terpenuhi.


Semoga dengan terpenuhinya peralatan kebersihan maka kebersihan masjidpun dapat terjaga, sehingga dapat meninggalkan kesan kenyamanan bagi setiap jamaah, akan mendorong Ruh nya untuk bergerak ke Masjid.

Selanjutnya dikatakan makmur dapat dilihat dari Ruh, semakin banyak orang yang kemasjid maka dapat dikatakan bahwa ruhnya DKM Hidup.

Namun dengan Ruh pun masih belum cukup, kalo tidak membawa Ilmu, karena bisa jadi ramainya sebuah masjid bukan karena banyaknya orang yang beribadah, bisa jadi kemasjid hanya untuk ngobrol, berasanda gurau atau untuk sarana mengerjakan tugas, bahkan hingga waktu masuk sholat, dalam Al-Quran surah (Al-Ankabut ayat 42 – 45) menegaskan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang – orang yang berilmu. Bahkan tidurnya orang yang berilmu lebih ditakuti oleh setan daripada terjaganya orang yang tidak berilmu. Untuk itu marilah kita isi Ruh kita dengan perbanyak mangkaji Ilmu di dunia maupun di akhirat.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga dapat menambah tingkat keimanan kita dan Allah selalu merido’i setiap langkah kita menuju jalan kebaikan.

Nb*” Mohon kritikan dan saran dari setiap kata untuk kebaikan tulisan.

Posted 14 Januari 2013

Ekoprasetyo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s